cara mencuci luka diabetes dengan air rebusan jambu biji

Luka yang sukar disembuhkan sering terjadi pada para penderita diabetes.tak jarang dari mereka karena salah penanganan luka yang dideritanya semakin parah sehingga terjadi pembusukan dan harus rela diamputasi.

Perawatan/membersihkan  luka diabetes selain dengan obat kimia ,bisa juga dengan tanaman herbal yang memang secara penelitian sudah terbukti,misalnya dengan menggunakan air rebusan daun jambu biji.Air rebusan ini efektif untuk menghilangkan bau busuk dan melancarkan aliran darah di sekitar luka.

Bagaimanakah langkah membuat air rebusan daun jambu biji untuk luka diabetes ?

 

Berikut kami sajikan langkah-langkah membuatnya :

1.pilihlah 5 lbr daun jambu biji yang cukup tua,kemudian cucilah di air mengalir sampai benar-benar bersih,

2.Rebuslah baun jabu biji tersebut dalam 1 lr air bersih.

3.Biarkan air rebusan sampai mendidih.

4.tiriskan sampai hangat kuku

5.air rebusan bisa dipakai sebagai pembersih luka diabetes

Apakah ada hasil penelitian khasiat air rebusan jambu biji pada luka diabetes ?

 

 Diabetes mellitus merupakan penyakit dengan karakteristik hiperglikemia. Kondisi hiperglikemia dapat memperburuk diabetes mellitus dengan munculnya berbagai macam komplikasi penyakit lainnya.

Penurunan kadar glukosa darah pada kondisi hiperglikemia dapat dilakukan dengan terapi herbal. Salah satu bentuk terapi herbal adalah dengan menggunakan terapi air rebusan daun jambu biji.

Daun jambu biji ini  mengandung  tanin dan  kalsium dimana  tanin menghambat   enzim  α-glikosidase  sehingga melambatkan pelepasan glukosa dalam darah.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pemberian air rebusan daun jambu biji (Psidium guajava) terhadap penderita diabetes mellitus tipe II di Desa Leyangan Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Jenis desain dalam penelitian ini non equivalent (pretest & posttest) Control group design. Populasi penelitian adalah seluruh  penderita  diabetes  mellitus  tipe  II  yang  ada  di  Desa  Leyangan  Kec.  Ungaran  Timur  Kab. Semarang sebanyak 170 orang.

Jumlah sampel sebanyak 28 responden yang dibagi dalam kelompok kontrol dan intervensi. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik populasi purposive sampling sedangkan alat pengambilan data dengan menggunakan blood glocuse test meter.

Analisis data menggunakan uji parametrik t-test dependent dan independent.

Uji analisis t-tes dependen dan independen menunjukkan ada pengaruh pemberian air rebusan daun jambu biji  (Psidium guajava) terhadap kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus tipe II di Desa Leyangan  Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang dengan  (p-value 0,014 < α (0,05)).

Terapi air rebusan  daun  jambu  biji  dapat digunakan  sebagai alternatif intervensi  untuk penatalaksanaan  dalam menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus tipe II.

Bagaimana mereka bisa sembuh ? KLIK Gambar !!!

                          

3 Comments
  1. iman
    • admin
  2. Dani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *