perawatan rutin pada kaki untuk mencegah luka diabetes

perawatan rutin pada kaki untuk mencegah luka diabetes>>Selain terancam komplikasi penyakit lain, penderita diabetes melitus atau kencing manis biasanya juga disibukkan dengan masalah seputar kaki. Kaki yang tidak sehat seperti bengkak, kemerahan, linu dan luka yang tidak kunjung sembuh adalah masalah yang sering memusingkan para diabetasi (penderita kencing manis).

Agar tidak terjadi hal seperti itu, para penderita diabetes memang harus segera memberikan perhatian lebih pada kondisi kakinya.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu merawat kaki diabetes.

1. Berikan kaki Anda perhatian sebanyak wajah Anda

“Kita cenderung mengabaikan kaki kita tapi itu tidak lagi menjadi pilihan bagi penderita diabetes. Periksa kaki Anda setiap hari apakah ada luka, bintik-bintik merah, lecet dan bengkak. Gunakan cermin untuk memeriksa bagian bawah kaki Anda,” kata Medical Advisor, Lifespan, Dr. Kakoli Saha, seperti dilansir laman India Times, Rabu (27/1).

2. Rendam kaki Anda dalam air sabun hangat setiap hari

Rendam kaki Anda dalam air hangat setiap hari. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memeriksa kaki Anda, sehingga Anda akan mendapatkan dua hal dilakukan secara bersamaan. Ingatlah untuk mengeringkan kaki Anda dengan baik, terutama di antara jari kaki, untuk mencegah infeksi jamur.

3. Melembabkan kaki Anda dengan baik
Terapkan lapisan tipis lotion ke puncak dan bawah kaki Anda. Hindari kesenjangan antara jari-jari kaki Anda.

4. Hilangkan kapalan pada telapak kaki secara lembut

Gunakan batu apung untuk menghilangkan kapalan pada telapak kaki.

5. Potong kuku kaki Anda seminggu sekali

Pemangkasan rutin membuat kuku bersih dan bebas dari kotoran.

6. Pilih sepatu Anda dengan hati-hati

Pilihlah sepasang sepatu yang nyaman dan cocok. Hindari berjalan tanpa alas kaki karena Anda bisa melukai diri sendiri dengan mudah. Selalu periksa bagian dalam sepatu Anda untuk menghindari dari terluka.

7. Biarkan sirkulasi kaki tetap berjalan

Jangan duduk bersila untuk jangka waktu yang lama. Gerakkan pergelangan kaki Anda naik dan turun dan menggoyangkan jari-jari kaki Anda selama 5 menit.

8. Kunjungi dokter secara teratur

Sangat penting bahwa Anda mengunjungi dokter secara teratur jika Anda pmenderita diabetes, untuk menjaga gula darah Anda di tetap terkontrol. Dokter juga akan memeriksa kaki Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak mengembangkan komplikasi. Informasikan dokter Anda jika ada luka dan lecet pada kaki Anda karena hal tersebut membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk sembuh. Ikuti saran dokter mengenai perawatan kaki. (sumber jpnn.com)

Bagaimana mereka bisa sembuh ? KLIK Gambar !!!

                          

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *